RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/ PEMBELAJARAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
FORMAT KLASIKAL
TERJADWAL
I. IDENTITAS
|
||||||||||
A.
|
Satuan pendidikan
|
:
|
SMK N
|
|||||||
B.
|
Tahun ajaran
|
:
|
||||||||
C.
|
Sasaran Pelayanan
|
:
|
Kelas X
|
|||||||
D.
|
Pelaksana
|
:
|
Jumadi Mori Salam Tuasikal
|
|||||||
E.
|
Pihak terkait
|
:
|
Siswa
|
|||||||
II. WAKTU
DAN TEMPAT
|
||||||||||
A.
|
Tanggal
|
:
|
15 Oktober 2015
|
|||||||
B.
|
Jam Pembelajaran /Pelayanan
|
:
|
12:10 – 13:40
|
|||||||
C.
|
Volume Waktu (JP)
|
:
|
2 JP ( 2 x 45 Menit)
|
|||||||
D.
|
Spesifikasi Tempat Belajar
|
:
|
Ruang kelas X
|
|||||||
III. MATERI
PEMBELAJARAN
|
||||||||||
A.
|
Tema/Subtema
|
:
|
Penempatan siswa dalam belajar
|
|||||||
B.
|
Sumber materi
|
:
|
(Terlampir)
|
|||||||
IV. TUJUAN/ARAH
PENGEMBANGAN
|
||||||||||
A.
|
Pengembangan KES
|
:
|
Agar siswa dapat bekerja sama dalam belajar,
berdiskusi tentang pelajaran yang diterimanya disekolah.
|
|||||||
B.
|
Penanganan KES-T
|
:
|
Untuk menghindari
perilaku tidak membuat tugas, tidak mengerti pelajaran, dan malas belajar.
|
|||||||
V. METODE DAN TEKNIK
|
||||||||||
A.
|
Jenis Layanan
|
:
|
Penempatan dan penyaluran
|
|||||||
B.
|
Keg. Pendukung
|
:
|
Aplikasi instrumentasi, himpunan data, dan tampilan
kepustakaan.
|
|||||||
VI. SARANA
|
||||||||||
A.
|
Media
|
:
|
Diskusi, ceramah, dan tanya jawab
|
|||||||
B.
|
Perlengkapan
|
:
|
Buku,
NB, Infocus, Spidol
dan lain-lain.
|
|||||||
VII. SASARAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
|
||||||||||
A.
|
KES
|
1.
|
Acuan (A)
|
:
|
Siswa
dapat memahami tentang pentingnya kelompok belajar
|
|||||
2.
|
Kompotensi (K)
|
:
|
Siswa
mampu melakukan kerjasama, berdiskusi, serta memiliki ketrampilan.
|
|||||||
3.
|
Usaha (U)
|
:
|
Sisiwa
memiliki komitmen untuk selalu berusaha belajar dengan baik.
|
|||||||
4.
|
Rasa (R)
|
:
|
Siswa
mengungkapkan perasaan mengenai materi yang diberikan
|
|||||||
5.
|
Sungguh-sungguh (S)
|
:
|
Siswa
bersungguh-sungguh dalam mengaplikasikannya
|
|||||||
B.
|
KES-T
|
:
|
Untuk menghindari dan menghilangkan
pribadi yang malas belajar, tidak membuat tugas, dn tidak mau bekarja sama.
|
|||||||
C.
|
Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah:
|
|||||||||
Memohon
ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk suksesnya para siswa dengan adanya pelayanan BK.
|
||||||||||
VIII. LANGKAH KEGIATAN
|
||||||||||
1.
Mengucapkan
salam dan mengajak siswa berdoa.
2.
Mengecek
kehadiran siswa dan mengajak mereka berempati kepada siswa yang tidak hadir.
3.
Mengajak
dan membimbing siswa untuk mengikuti kegiatan pelayanan dengan penuh
perhatian, semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir,
merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi
pelayanan yang akan dibahas.
4.
Menyampaikan
arah materi pokok pelayanan yaitu penempatan siswa dalam kelompok
belajar
5.
Menyampaikan
tujuan pembahasan, yaitu :
a)
Siswa
memahami pentingnya dibuat kelompok belajar
b)
Memberikan
kesempatan bagi siswa untuk bertannya
c)
Menjawab
pertanyaan siswa
6.
Menyimpulkan
materi yang dibahas
7.
Menutup
kegiatan
8.
Berdoa
dan bersyukur pada Allah Swt.
9.
Bersiap
untuk pulang
|
||||||||||
IX. LANGKAH PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT
|
||||||||||
1.
|
Penilaian
Hasil
|
:
|
Di akhir proses pembelajaran siswa diminta merefleksikan (secara lisan dan atau tertulis) apa yang mereka
peroleh dengan pola BMB3
|
|||||||
2.
|
Penilaian
Proses
|
:
|
Melalui
pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran untuk memperoleh gambaran
tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/pelayanan.
|
|||||||
3.
|
LAPELPROG
dan Tindak Lanjut
|
Setelah
kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai disusun Laporan Pelaksanaan Program Layanan
(LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.
|
||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar