Senin, Februari 2

SILABUS KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI



        SILABUS MATAKULIAH

Nama Mata Kuliah                               
   :
Komunikasi Antar Pribadi
SKS                            
   :
 2 SKS
Dosen    
   :
Jumadi Mori Salam Tuasikal, S.Pd., M.Pd
Program Studi                                      
   :
Bimbingan dan Konseling
Waktu Perkuliahan
   :
Semester Genap
Deskripsi mata kuliah
   :
Mata kuliah ini merupakan tinjauan tentang komunikasi atau interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan non verbal serta saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antar individu di dalam kelompok kecil. Materi perkuliahan mencakup konsep dasar komunikasiantar pribadi, proses komunikasi antar pribadi, persepsi manusia, konsep diri, konflik, pesan verbal dan non verbal, komunikasi efektif, aspek nilai, norma dan etika komunikasi.
Standar Kompetensi
   :
Mahasiswa memahami dan mampu menjelaskan prinsip dan konsep komunikasi antar pribadi, serta mampu mengaplikasikan dalam praktik komunikasi antar pribadi yang efektif baik di kampus, di masyarakat, maupun di tempat kerja dengan memperhatikan: sopan santun (courtecy), keterbukaan (openess), empati (emphaty), dukungan (supportiveness), rasa positif (positiveness), kesetaraan (equality), dan tanggungjawab (responsibility).

A.   Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan:

Pertemuan
Kompetensi Dasar & Materi Pokok
Metode Pembelajaran
Kegiatan
Mahasiswa
1
Orientasi Perkuliahan
1.  Perkenalan antara dosen dengan mahasiswa
2.  Pembahasan kontrak/silabus perku-liahan
3.  Membahas materi, buku sumber, persyaratan perkuliahan, tugas-tugas dan sistem perkuliahan
1.  Ceramah
2.  Tanya jawab
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosi-asikan, dan mengkom-unikasikan
2
Memahami Konsep Dasar Komunikasi Interpersonal
1.  Pengertian komunikasi antar pribadi
2.  Tujuan komunikasi antar pribadi
3.  Hambatan dalam antar pribadi
4.  Faktor pendukung komunikasi antar pribadi
5.  Dampak dari komunikasi antar pribadi

1.  Ceramah
2.  Diskusi
3.  Tanya jawab
4.  Pemberian tugas
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasos-iasikan, dan mengko-munikasikan
3-4
Mengenal Teori-teori Komunikasi Interpersonal
1. Model komunikasi antar pribadi
2. Teori interaksi simbolik
3. Teori komunikasi sosial budaya
1.  Ceramah
2.  Diskusi
3.  Tanya jawab
4.  Pemberian tugas
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosi-asikan, dan mengko-munikasikan
5-6
Memahami berbagai aktivitas komunikasi Interpersonal
1.  Komunikasi diadik
2.  Komunikasi formal dan nonformal
3.  Komunikasi promer dan sekunder
4.  Komunikasi horizontal dan vertical
5.  Lobby dan negosiasi
6.  Sharing, diskusi dan Wawancara


1.  Presentasi tugas
2.  Ceramah
3.  Diskusi
4.  Tanya jawab
5.  Pemberian tugas
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaso-siasikan, dan mengko-munikasikan
7
Memahami Komunikasi Interpersonal yang Efektif
1.   Kriteria komunikasi efektif
2.   Efektivitas fungsional dan sosial
3.   Pemeliharaan hubungan baik
4.   Pendekatan terhadap konflik
1.  Ceramah
2.  Diskusi
3.  Tanya jawab
4.  Pemberian tugas
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaso-siasikan, dan mengko-munikasikan
8
Ujian tengah semester
9
Memahami Persepsi Manusia
1.  Mempersepsi orang dan mempersepsi obyek
2.  Pembentukan kesan
3.  Faktor-faktor yang mempengaruhi kecermatan persepsi
4.  Memperbaiki persepsi dan komunikasi

1.  Ceramah
2.  Diskusi
3.  Tanya jawab
4.  Pemberian tugas
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaso-siasikan, dan mengko-munikasikan
10
Memahami Konsep Diri Manusia
1.   Konsep diri sebagai salah satu unsur pokok dalam komunikasi
2.   Konsep self- disclosure dalam menge-mbangkan komunikasi antarpribadi
3.   Konsep diri yang sehat
1.   Ceramah
2.   Diskusi
3.   Tanya jawab
4.   Pemberian tugas
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaso-siasikan, dan mengko-munikasikan
11
Memahami bagaimana konflik dalam komunikasi Antar Pribadi
1.  Definisi konflik
2.  Tingkatan resolusi konflik
3.  Konflik sebagai metode mempererat hubungan
1.   Ceramah
2.   Diskusi
3.   Tanya jawab
4.   Pemberian tugas
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaso-siasikan, dan mengko-munikasikan
12-13
Memahami Konsep dan Makna Pesan Verbal dan Nonverbal
1.  Pesan verbal
a)  Kata dan makna
b)  Bahasa dan pikiran
2. Pesan nonverbal
a) Menafsirkan pesan nonverbal
b) Isyarat spasial dan temporal
c) Isyarat visual
d) Isyarat vocal
e) Isyarat gestural
1.   Ceramah
2.   Diskusi
3.   Tanya jawab
4.   Pemberian tugas
Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaso-siasikan, dan mengko-munikasikan
14-15
Menerapkan Nilai, Norma, Etika dalam Komunikasi Interpersonal
1. Sopan santun (courtesy, etiquette) dalam komunikasi
2. Etika (ethics) dalam komunikasi
3. Empati (emphaty) dalam komunikasi
4. Dukungan (supportiveness) dalam komunikasi
5. Berpikir positif (positiveness) dalam komunikasi
6. Kesetaraan (equality) dalam komuni-kasi
7. Tanggungjawab (responsibility) dalam komunikasi
1.   Ceramah
2.   Diskusi
3.   Tanya jawab

Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengaso-siasikan, dan mengko-munikasikan,
16
Ujian Akhir Semester


B.   Evaluasi Hasil Belajar :
1.    Tidak hadir 3x dianggap mengundurkan diri dan tidak diperkenankan hadir mengikuti Ujian Akhir Semester (UAS), kecuali memiliki surat keterangan resmi (sakit dari dokter dan/atau izin dispensasi)
2.    Tugas resume individu mengenai materi mingguan dan peta konsep dari buku sumber minimal 3 buah, keterlambatan pemasukkan tugas akan dikurangi nilai sesuai dengan keterlambatan yang dilakukan
3.    Penyajian  Makalah (kelompok) dan keaktifan dalam diskusi
4.    Ujian Tengah Semester
5.    Ujian Akhir Semester
6.    Bagi mahasiswa yang gagal tidak diberikan perbaikan dan mahasiswa yang bersangkutan harus mengulang kembali kuliah.

Komponen keberhasilan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan adalah sebagai berikut:
Keaktifan
:
10
Tugas
:
20
Ujian Tengah Semester
:
30
Ujian Akhir Semester
:
40

C.   Norma Akademik Perkuliahan
1.    Kegiatan perkuliahan diselenggarakan tepat waktu, batas waktu toleransi 10 menit.
2.    Tugas asli, tidak mengandung unsur plagiat, jika kedapatan akan digagalkan pada perkuliahan ini.
3.    Selama proses perkuliahan handphone (HP) tidak diaktifkan.
4.    Pakaian mahasiswa sesuai dengan peraturan yang berlaku.

D.   Rujukan
Devito, J. A. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Terjemahan oleh Agus, M. Jakarta:     Karisma Publishing Group.
Effendy, O.U. 2006. Ilmu komunikasi Teori dan praktek. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Hardjana, A.M. 2003. Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.
Mulyana, D. 2002. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Rosda.
Ubaedy. An. 2008. Interpersoanal Skill. Jakarta: Bee Media.
Tubbs SL dan Moss S. Terjemahan Deddy Mulyana. (2001). Human Communication. Buku Pertama dan Kedua. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suranto AW. 2005. Komunikasi  Perkantoran:  Prinsip  Komunikasi  untuk  Meningkatkan Kinerja Perkantoran. Yogyakarta: Media Wacana.
Rachmadi, F. 1996. Public Relations: Dalam Teori dan  Praktek, Aplikasi dalam       Badan Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEORI PERKEMBANGAN KARIR: KRUMBOLTZ SERTA APLIKASINYA

Jumadi Mori Salam Tuasikal, M.Pd A.    Konsep Dasar             Jika kita bicara mengenai bimbingan karir melalui pendekatan pemilihan...