Sabtu, Maret 1

RPL LAYANAN KELOMPOK



R P L/P

RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/ PEMBELAJARAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

FORMAT KELOMPOK

I. IDENTITAS

A.
Satuan pendidikan
:
SMK N

B.
Tahun ajaran
:
2014 – 2015

C.
Sasaran Pelayanan
:
Siswa X

D.
Pelaksana
:
Jumadi Mori Salam Tuasikal

E.
Pihak terkait
:
Siswa dan Guru
II. WAKTU DAN TEMPAT

A.
Tanggal          
:
Sesuai dengan jadwal

B.
Jam Pembelajaran /Pelayanan
:
Waktunya disesuaikan

C.
Volume Waktu (JP)
:
2 JP ( 2 x 45 Menit)

D.
Spesifikasi Tempat Belajar
:
Ruang BK
III. MATERI PEMBELAJARAN

A.
Topik
:
Tugas/Bebas

B.
Sumber materi
:
-
IV. TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN

A.
Pengembangan KES
:
1.  Siswa mampu berkomunikasi dengan baik dengan anggota kelompok
2.  Siswa mampu memberanikan diri menyampaikan pendapat
3.  Siswa memahami masalah yang dibahas

B.
Penanganan KES-T    
:
Untuk mengatasi masalah yang menjadi topik bahasan
V. METODE DAN TEKNIK

A.
Jenis Layanan
:
Layanan Bimbingan Kelompok

B.
Keg. Pendukung
:
Aplikasi instrumentasi dan himpunan data
VI. SARANA

A.
Media
:
Melalui dinamika kelompok

B.
Perlengkapan
:






VII. SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

A.
KES
1.
Acuan (A)
:
siswa memahami masalah yang dibahas



2.
Kompotensi (K)
:
Siswa memeliki wawasan tentang topik yang dibahas.



3.
Usaha (U)
:
siswa berusaha untuk melaksanakan hasil konseling.



4.
Rasa (R)
:
Perasaan positif karena mampu memahami masalah yang sedang dihadapi



5.
Sungguh-sungguh (S)
:
Berniat dengan sepenuh hati melaksanakannya

B.
KES-T
:
Untuk menghindari masalah sesuai dengan topik yang dibahas.

C.
Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah:


Memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk suksesnya para siswa dengan adanya pelayanan BK.
 
VIII. LANGKAH KEGIATAN

a.       Tahap Pembentukan

v Menerima secara terbuka dan mengucapkan terima kasih
v Berdoa
v Menjelaskan pengertian bimbingan kelompok
v Menjelaskan tujuan bimbingan kelompok
v Menjelaskan cara pelaksanaan bimbingan kelompok
v Menjelaskan asas-asas bimbingan kelompok
v Perkenalan dilanjutkan rangkaian nama

b.      Tahap Peralihan

v Menjelaskan kembali kegiatan kelompok
v Tanya jawab tentang kesiapan anggota untuk kegiatan lebih lanjut
v Mengenali suasana tentang kesiapan anggota untuk tahap selanjutnya
v Memberikan topic bahasan

c.       Tahap Kegiatan
v Menjelaskan pentinya topik itu di bahas
v Pembahasa topic secara tuntas
v Selingan
v Komitmen para anggota kelompok

d.      Tahap Pengakhiran

v Menjelaskan kegiatan kelompok akan diakhiri
v Anggota kelompok mengemukakan kesandan menilai kemajuan yang di capai masing-masing
v Membahas kegiatan lanjutan
v Pesan serta tanggapan anggota kelompok
v Ucapan terima kasih
v Berdoa dan berpisah

IX. LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT

1.
Penilaian Hasil
:
Di akhir proses pembelajaran siswa diminta merefleksikan (secara lisan dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3

2.
Penilaian Proses

:
Melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/pelayanan.

3.
LAPELPROG dan Tindak Lanjut


Setelah kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai disusun Laporan Pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.














Bumi,     2015
Konselor





Jumadi Mori Salam Tuasikal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEORI PERKEMBANGAN KARIR: KRUMBOLTZ SERTA APLIKASINYA

Jumadi Mori Salam Tuasikal, M.Pd A.    Konsep Dasar             Jika kita bicara mengenai bimbingan karir melalui pendekatan pemilihan...