R P L/P
RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN/ PEMBELAJARAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
FORMAT KELOMPOK
I. IDENTITAS
|
|||||||||||
A.
|
Satuan pendidikan
|
:
|
SMK N
|
||||||||
B.
|
Tahun ajaran
|
:
|
2014 – 2015
|
||||||||
C.
|
Sasaran Pelayanan
|
:
|
Siswa X
|
||||||||
D.
|
Pelaksana
|
:
|
Jumadi Mori Salam Tuasikal
|
||||||||
E.
|
Pihak terkait
|
:
|
Siswa dan Guru
|
||||||||
II. WAKTU
DAN TEMPAT
|
|||||||||||
A.
|
Tanggal
|
:
|
Sesuai dengan jadwal
|
||||||||
B.
|
Jam Pembelajaran /Pelayanan
|
:
|
Waktunya disesuaikan
|
||||||||
C.
|
Volume Waktu (JP)
|
:
|
2 JP ( 2 x 45 Menit)
|
||||||||
D.
|
Spesifikasi Tempat Belajar
|
:
|
|||||||||
III. MATERI
PEMBELAJARAN
|
|||||||||||
A.
|
Topik
|
:
|
Tugas/Bebas
|
||||||||
B.
|
Sumber materi
|
:
|
-
|
||||||||
IV. TUJUAN/ARAH
PENGEMBANGAN
|
|||||||||||
A.
|
Pengembangan KES
|
:
|
1. Siswa mampu
berkomunikasi dengan baik dengan anggota kelompok
2. Siswa mampu
memberanikan diri menyampaikan pendapat
3. Siswa memahami masalah
yang dibahas
|
||||||||
B.
|
Penanganan KES-T
|
:
|
Untuk mengatasi masalah yang menjadi topik bahasan
|
||||||||
V. METODE DAN TEKNIK
|
|||||||||||
A.
|
Jenis Layanan
|
:
|
Layanan Bimbingan Kelompok
|
||||||||
B.
|
Keg. Pendukung
|
:
|
Aplikasi instrumentasi dan himpunan data
|
||||||||
VI. SARANA
|
|||||||||||
A.
|
Media
|
:
|
Melalui dinamika kelompok
|
||||||||
B.
|
Perlengkapan
|
:
|
|||||||||
VII. SASARAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
|
|||||||||||
A.
|
KES
|
1.
|
Acuan (A)
|
:
|
siswa memahami masalah yang dibahas
|
||||||
2.
|
Kompotensi (K)
|
:
|
Siswa memeliki wawasan tentang topik yang dibahas.
|
||||||||
3.
|
Usaha (U)
|
:
|
siswa berusaha untuk melaksanakan hasil konseling.
|
||||||||
4.
|
Rasa (R)
|
:
|
Perasaan positif karena mampu memahami masalah yang sedang dihadapi
|
||||||||
5.
|
Sungguh-sungguh (S)
|
:
|
Berniat dengan sepenuh hati melaksanakannya
|
||||||||
B.
|
KES-T
|
:
|
Untuk menghindari masalah sesuai dengan topik yang dibahas.
|
||||||||
C.
|
Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah:
|
||||||||||
Memohon
ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk suksesnya para siswa dengan adanya pelayanan BK.
|
|||||||||||
VIII. LANGKAH KEGIATAN
|
|||||||||||
a.
Tahap Pembentukan
|
v Menerima secara terbuka dan mengucapkan terima kasih
v Berdoa
v Menjelaskan pengertian bimbingan kelompok
v Menjelaskan tujuan bimbingan kelompok
v Menjelaskan cara pelaksanaan bimbingan kelompok
v Menjelaskan asas-asas bimbingan kelompok
v Perkenalan dilanjutkan rangkaian nama
|
||||||||||
b.
Tahap Peralihan
|
v Menjelaskan kembali kegiatan kelompok
v Tanya jawab tentang kesiapan anggota untuk kegiatan lebih lanjut
v Mengenali suasana tentang kesiapan anggota untuk tahap selanjutnya
v Memberikan topic bahasan
|
||||||||||
c.
Tahap Kegiatan
|
v Menjelaskan pentinya topik itu di bahas
v Pembahasa topic secara tuntas
v Selingan
v Komitmen para anggota kelompok
|
||||||||||
d.
Tahap Pengakhiran
|
v Menjelaskan kegiatan kelompok akan diakhiri
v Anggota kelompok mengemukakan kesandan menilai kemajuan yang di capai masing-masing
v Membahas kegiatan lanjutan
v Pesan serta tanggapan anggota kelompok
v Ucapan terima kasih
v Berdoa dan berpisah
|
||||||||||
IX. LANGKAH PENILAIAN
DAN TINDAK LANJUT
|
|||||||||||
1.
|
Penilaian
Hasil
|
:
|
|||||||||
2.
|
Penilaian
Proses
|
:
|
Melalui
pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran untuk memperoleh gambaran
tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/pelayanan.
|
||||||||
3.
|
LAPELPROG
dan Tindak Lanjut
|
Setelah
kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai disusun Laporan Pelaksanaan Program Layanan
(LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.
|
|||||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar